Thursday, November 3, 2016

Tugas kuliah

Nama    : RAFIQAH
NIM       : 1501001010028
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

Bisnis Elektronik (E-Business) dan Kerja Sama Global

2.1        Proses Bisnis Dan Sistem Informasi
Untuk dapat beroperasi, organisasi bisnis harus berurusan dengan banyak hal yang berbeda terkait informasi mengenai pemasok, pelanggan, pegawai, faktur, pembayaran, serta tentu saja produk dan layanan mereka.

PROSES BISNIS
Proses bisnis sebuah perusahaan dapat menjadi sumber kekuatan kompetitif, jika mereka memungkinkan perusahaan untuk berinovasi atau beroperasi lebih baik daripada para pesaingnya.

BAGAIMANA TEKNOLOGI INFORMASI MENINGKATKAN PROSES BISNIS ?
Sistem informasi mengotomatisasikan banyak langkah dalam proses bisnis yang sebelumnya dilakukan secara manual, seperti memeriksa kredit klien, atau mencetak tagihan dan mengirim pesanan.

2.2        Jenis-jenis Sistem Informasi

SISTEM-SISTEM UNTUK KELOMPOK MANAJEMEN YANG BERBEDA

·         Sistem Pemrosesan Transaksi
Sistem Pemrosesan Transaksi adalah sistem komputerisasi yang mengoperasikan dan mencatat transaksi rutin harian yang diperlukan untuk melakukan bisnis.Tujuan utamanya adalah untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan rutin dan untuk memantau arus transaksi di seluruh perusahaan.Para manajer membutuhkan ini untuk memantau status operasi di dalam perusahaan, beserta hubungan perusahaan dengan lingkungan eksternal.

·         Sistem untuk Intelijen Bisnis
Intelijen Bisnis adalah istilah terkini mengenai data dan perangkat lunak untuk mengorganisasi, menganalisis,dan menyediakan akses kepada data untuk membantu manajer dan pengguna lain dalam suatu perusahaan dalam membuat keputusan yang lebih berdasarkan informasi.

Sistem pendukung keputusan berfokus pada masalah yang unik dan cepat berubah, yang prosedur dalam mencapai atau menghasilkan suatu solusi belum ditentukan sebelumnya secara keseluruhan.

Sistem pendukung eksekutif membantu manajemen senior dalam mewujudkan keputusan-keputusan yang telah dibuat.sistem tersebut ditujukan untuk mendukung pengambilan keputusan tanpa routine yang membutuhkan pertimbangan, evaluasi, dan wawasan karena tidak ada prosedur terprogram yang telah ditetapkan sebelumnya untuk menciptakan solusi.

SISTEM UNTUK MEMBUAT PERUSAHAAN SALING TERHUBUNG
Aplikasi Perusahaan
Terdapat 4 kategori utama aplikasi perusahaan :
Sistem perusahaan
Sistem pengelolaan rantai pasokan
Sistem pengelolaan hubungan pelanggan
Sistem manajemen pengetahuan
Intranet dan Ekstranet
- Intranet adalah situs web internal perusahaan yang hanya dapat diakses oleh karyawan saja.
- Ekstranet adalah situs web perusahaan yang dapat diakses oleh vendor dan pemasok yang memiliki wewenang dan      biasanya digunakan untuk mengoordinasikan pengiriman persediaan ke fasilitas produksi perusahaan tersebut.

E-BUSINESS, E-COMMERCE DAN E-GOVERNMENT
Bisnis elektronik : mengacu pada penggunaan teknologi digital dan internet   untuk menjalankan proses-proses      bisnis utama dalam suatu perusahaan. E-business juga meliputi perdagangan elektronik (e-commerce)
E-Commerce : bagian dari e-business yang berhubungan dengan kegiatan jual-beli barang/ jasa melalui internet. E-commerce juga meliputi aktivitas yang mendukung transaksi tersebut.
e-Governmen : mengacu pada penggunaan teknologi aplikasi jaringan dan internet untuk memungkinkan pemerintah berhubungan dengan masyarakat, organisasi bisnis, sektor swasta dan instansi pemerintag terkait lainnya secara digital.
2.3        Sistem Untuk Kolaborasi dan Bisnis Jejaring Sosial

APA YANG DIMAKSUD DENGAN KOLABORASI?
Kolaborasi adalah bekerja bersama-sama dengan orang lain untuk mencapai tujuan bersama yang jelas. Kolaborasi berfokus pada penyelesaian tugas maupun misi dan biasanya digunakan pada organisasi bisjis atau organisasi lainnya atau antara satu bisnis dengan bisnis lainnya.

APA YANG DIMAKSUD DENGAN BISNIS JEJARING SOSIAL ?
Tujuan dari bisnis jejaring sosial adalah untuk memperdalam interaksi dengan kelompok-kelompok dari dalam dan luar perusahaan guna memperlancar dan memperbaiki pendistribusian informasi, inovasi dan pengambilan keputusan.

MANFAAT BISNIS DARI KOLABORASI DAN BISNIS JEJARING SOSIAL
Survey terkini mengenai para pengelola bisnis dan sistem informasi secara global menemukan bahwa investasi di bidang teknologi kolaborasi mendatangkan peningkatan kinerja organisasi yang memberikan tingkat pengembalian 4 kali lipat.

MEMBANGUN BUDAYA DAN PROSES BISNIS YANG KOLABORATIF
Perusahaan bisnis, terutama yang berskala besar memiliki reputasi pada masa lalu sebagai organisasi yang bersifat “memerintah dan mengendalikan” dimana semua masalah dan pemikiran penting dibebankan pada petinggi perusahaan dan kemudian memerintahkan bahawahannya untuk menjalankan rencana dari manajemen senior.

PERANGKAT DAN TEKNOLOGI UNTUK KOLABORASI DAN BISNIS JEJARING SOSIAL
Budaya kerja yang kolaboratif dan berorientasi tim tidak akan memberikan hasil apa pun tanpa adanya sistem informasi yang memungkinkan terwujudnya semua itu.

·         Surel dan Pesan Instan
Surat elektronik telah menajdi perangkat utama dalam berkomunikasi dan berkolaborasi untuk menghubungkan pekerjaan.

·         Wiki
Wiki adalah jenis situs web yang memudahkan pengguna yang tidak memiliki pengetahuan dalam bahasa pemrograman dan pengembangan web untuk berkontribusi dan mengubah isi tulisan dan gambar.

·         Virtual Worlds

Platform Kolaborasi dan Bisnis Jejaring Sosial
Platform paling banyak digunakan adalah konferensi audio berbasis/menggunakan internet.

Google Apps/Google Sites dan Cloud Collaboration Services
Salah satu layanan online “gratis” yang paling sering digunakan adalah Google Apps/Google Sites. Google Sites memungkinkan pengguna menciptakan situs web untuk kelompok secara online yang dpaat diedit secara cepat.

·         Microsoft SharePoint
Adalah platform kolaborasi dan pengolahan data berbasis browser, yang digabungkan dengan fitur mesin pencari pada server perusahaan. SharePoint memiliki tampilan berbasis web dan terintegrasi erat dengan pernagkat yang digunakan sehari-hari seperti produk-produk Microsoft Office. Microsoft SharePoint dapat digunakan untuk menjadikan pusat kegiatan komunikasi situs web internal perusahaan guna mengorganisasikan dan menyimpan informasi pada satu area kerja terpusat.

·         Lotus Notes
Merupakan contoh awal dari perangkat untuk membentuk dan berkomunitas di dalam sebuah grup. Sistem aplikasi kolaborasi dengan kemampuan mensharing kalender, penulisan dan pengeditan dokumen secara bersana, berbagi akses database, serta pertemuan secara elektonis dimana setiap partisipan dapat saling melihat dan menampilkan informasi dan kegiatan yang dilakukan satu sama lain.

2.4        Fungsi Sistem Informasi Di Dalam Bisnis

DEPARTEMEN SISTEM INFORMASI
Terdiri atas para spesialis seperti, pemrogram, analis sistem, pemimpin proyek, dan manajer sistem informasi.
Pemrogram adalah spesialis yang dilatih mengenai hal-hal teknis secara mendalam yang menulis rangkaian perintah dalam suatu program untuk komputer.
Analis Sistem melambangkan hubungan utama antara kelompok sistem informasi dengan seluruh kelompok lainnya dalam perusahaan.
Manajer sistem informasi adalah pemimpin dari tim pemrogram dan analis, manajer proyek, manajer fasilitas, manajer telekomunikasi ataupun spesialis database.

PENGORGANISASIAN FUNGSI SISTEM INFORMASI

Terdapat banyak organisasi bisnis, dan terdapat banyak cara bagaimana fungsi teknologi informasi disusun dalam perusahaan tersebut.

No comments:

Post a Comment